Kamis, 03 November 2011

MEDIA PEMBELAJARAN

 
“  Saya mendengar  
saya lupa, 
Saya melihat 
saya ingat,
Saya berbuat maka  
saya bisa
( Motto Populer )

PERTEMUAN III
 
MEDIA PEMBELAJARAN

Agar bisa terjadi kegiatan belajar pada siswa, maka siswa harus secara aktif melakukan interaksi dengan berbagai sumber belajar. Perubahan perilaku sebagai hasil belajar hanya bisa terjadi jika ada interaksi antara siswa dengan sumber sumber belajar. Dan inilah yang seharusnya diusahakan oleh setiap pengajar dalam kegiatan pembelajaran.
Peran guru adalah menyediakan, menunjukkan, membimbing dan memotivasi siswa agar mereka dapat berinteraksi dengan berbagai sumber belajar yang ada. Bukan hanya sumber belajar yang berupa orang , melainkan juga sumber sumber belajar yang lain. Bukan hanya sumber belajar yang sengaja dirancang untuk keperluan belajar ( learning resources by design ), melainkan juga sumber belajar yang telah tersedia di alam raya ini dan bisa dimanfaatkan ( learning resources by    utilization ).
Cara belajar dengan mendengarkan ceramah dari guru memang merupakan salah satu wujud interaksi tersebut. Namun belajar hanya dengan mendengarkan saja, patut diragukan efektifitasnya. Belajar hanya akan efektif jika si belajar diberikan banyak kesempatan untuk melakukan sesuatu, melalui multi metode dan multi media. Melalui berbagai metode dan media pembelajaran, siswa akan dapat banyak berinteraksi secara aktif dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki siswa. Barang kali perlu direnungkan kembali ungkapan populer yang mengatakan : Saya mendengar saya lupa, Saya melihat saya ingat, Saya berbuat maka saya bisa.

II.  PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN
Istilah media berasal dari bahasa Latin yang merupakan bentuk jamak dari "medium" yang secara    harafiah berarti perantara atau pengantar. 


Makna umumnya adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi. Istilah media ini sangat populer dalam bidang komunikasi. Proses belajar mengajar pada dasarnya juga merupakan proses komunikasi, sehingga media yang digunakan dalam pembelajaran disebut media pembelajaran.
Banyak ahli yang memberikan batasan tentang media pembelajaran.
-    AECT      :     mengatakan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu              yang  digunakan orang    untuk menyalurkan pesan.
-    Gagne   :      mengartikan media pembelajaran sebagai jenis komponen dalam         lingkungan siswa yang dapat merangsang mereka untuk belajar.
-   Briggs   :    Mengartikan media sebagai alat untuk memberikan perangsang bagi   siswa    agar terjadi proses belajar.

III.   RANGKUMAN  MEDIA PEMBELAJARAN
Pada dasarnya konsep media pembelajaran merupakan perkembangan lanjutan dari konsep media pembelajaran yang sering kita dengar di antaranya :
-  Alat peraga : adalah alat (benda) yang   digunakan untuk memperagakan fakta, konsep, prinsip atau prosedur tertentu agar tampak lebih nyata/ konkrit.
- Alat Bantu : adalah alat(benda) yang digunakan guru untuk mempermudah tugas mengajar, misalnya : model bumi             ( globe ), model kerangka manusia, model planet di antariksa dll.
Konsep lain yang sangat berkaitan dengan media pembelajaran adalah sumber belajar.
Seperti bahasan sebelumnya , sumber belajar memiliki cakupan yang lebih luas daripada media belajar. Sumber belajar bisa berupa pesan, orang, bahan, alat, teknik clan latar/lingkungan.
-  Bahan belajar disebut sebagai perangkat lunak           ( software )
 Misalnya transparansi, program kaset audio dan        program video
 - Alat disebut sebagai perangkat keras ( hardware )
    Misalnya  OHP, Radio kaset clan Video player.
 


Karena Media Belajar bisa sebagai penyaji dan penyalur pesan, maka dalam hal tertentu media belajar  :   Dapat mewakili guru menyajikan informasi belajar kepada siswa.