Kamis, 03 November 2011

MEDIA PEMBELAJARAN

 
“  Saya mendengar  
saya lupa, 
Saya melihat 
saya ingat,
Saya berbuat maka  
saya bisa
( Motto Populer )

PERTEMUAN III
 
MEDIA PEMBELAJARAN

Agar bisa terjadi kegiatan belajar pada siswa, maka siswa harus secara aktif melakukan interaksi dengan berbagai sumber belajar. Perubahan perilaku sebagai hasil belajar hanya bisa terjadi jika ada interaksi antara siswa dengan sumber sumber belajar. Dan inilah yang seharusnya diusahakan oleh setiap pengajar dalam kegiatan pembelajaran.
Peran guru adalah menyediakan, menunjukkan, membimbing dan memotivasi siswa agar mereka dapat berinteraksi dengan berbagai sumber belajar yang ada. Bukan hanya sumber belajar yang berupa orang , melainkan juga sumber sumber belajar yang lain. Bukan hanya sumber belajar yang sengaja dirancang untuk keperluan belajar ( learning resources by design ), melainkan juga sumber belajar yang telah tersedia di alam raya ini dan bisa dimanfaatkan ( learning resources by    utilization ).
Cara belajar dengan mendengarkan ceramah dari guru memang merupakan salah satu wujud interaksi tersebut. Namun belajar hanya dengan mendengarkan saja, patut diragukan efektifitasnya. Belajar hanya akan efektif jika si belajar diberikan banyak kesempatan untuk melakukan sesuatu, melalui multi metode dan multi media. Melalui berbagai metode dan media pembelajaran, siswa akan dapat banyak berinteraksi secara aktif dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki siswa. Barang kali perlu direnungkan kembali ungkapan populer yang mengatakan : Saya mendengar saya lupa, Saya melihat saya ingat, Saya berbuat maka saya bisa.

II.  PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN
Istilah media berasal dari bahasa Latin yang merupakan bentuk jamak dari "medium" yang secara    harafiah berarti perantara atau pengantar. 


Makna umumnya adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi. Istilah media ini sangat populer dalam bidang komunikasi. Proses belajar mengajar pada dasarnya juga merupakan proses komunikasi, sehingga media yang digunakan dalam pembelajaran disebut media pembelajaran.
Banyak ahli yang memberikan batasan tentang media pembelajaran.
-    AECT      :     mengatakan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu              yang  digunakan orang    untuk menyalurkan pesan.
-    Gagne   :      mengartikan media pembelajaran sebagai jenis komponen dalam         lingkungan siswa yang dapat merangsang mereka untuk belajar.
-   Briggs   :    Mengartikan media sebagai alat untuk memberikan perangsang bagi   siswa    agar terjadi proses belajar.

III.   RANGKUMAN  MEDIA PEMBELAJARAN
Pada dasarnya konsep media pembelajaran merupakan perkembangan lanjutan dari konsep media pembelajaran yang sering kita dengar di antaranya :
-  Alat peraga : adalah alat (benda) yang   digunakan untuk memperagakan fakta, konsep, prinsip atau prosedur tertentu agar tampak lebih nyata/ konkrit.
- Alat Bantu : adalah alat(benda) yang digunakan guru untuk mempermudah tugas mengajar, misalnya : model bumi             ( globe ), model kerangka manusia, model planet di antariksa dll.
Konsep lain yang sangat berkaitan dengan media pembelajaran adalah sumber belajar.
Seperti bahasan sebelumnya , sumber belajar memiliki cakupan yang lebih luas daripada media belajar. Sumber belajar bisa berupa pesan, orang, bahan, alat, teknik clan latar/lingkungan.
-  Bahan belajar disebut sebagai perangkat lunak           ( software )
 Misalnya transparansi, program kaset audio dan        program video
 - Alat disebut sebagai perangkat keras ( hardware )
    Misalnya  OHP, Radio kaset clan Video player.
 


Karena Media Belajar bisa sebagai penyaji dan penyalur pesan, maka dalam hal tertentu media belajar  :   Dapat mewakili guru menyajikan informasi belajar kepada siswa.

38 komentar:

  1. Ria Ayu M_terima kasih pak atas infonya,...........
    UNIROW TOP BGT

    BalasHapus
  2. Ria @ Mksh juga atas ketekunannya. Selamat dan sukses untuk anda !

    BalasHapus
  3. terima kasih pak atas materi pertemuan ketiganya,,,mottonya bagus saya suka itu..^ - ^

    BalasHapus
  4. widagdo ilham p_bagus pak. . :)
    Sukses buat pak tris yg udah buat bloger ini. .
    Semoga semakin maju blognya. . :D

    BalasHapus
  5. Widagdo @ Amin....Matur nuwun...yang penting harus diingat blog ini bukan satu-satunya sumber belajar, masih banyak yang bertaburan sumber belajar lain di jagat raya ini.. OK...juga met berjuang mg sukses !

    BalasHapus
  6. Diana @ Tank balik...mg kelak anda jadi guru yang profesional. Amin !

    BalasHapus
  7. pak saya mau tanya bgimana cara saya untuk menerapkan media belajar selain media ceramah soalnya generasi saya ini telah merasakan bagaimna rasanya dengan media ceramah dan hal itu sangat menjenuhkan dan membosankan dibalas ya pak ??? oya saya suka mottonya pak ^^

    BalasHapus
  8. Eka @ Guru adalah salah satu dari sumber belajar, Ceramah salah satu dari metodhe mengajar, sedangkan media adalah sarana yang membantu guru agar siswa terangsang untuk berinteraksi. Maka sebaiknya guru menggunakan multi methode dan multi media. Maksdx biar g bosenkan gitu loh ! He..he.. he !

    BalasHapus
  9. Ngapunten pak ...! saya ingin ngomentar tentang ungkapan lama " saya mendengar saya Lupa " kalau menurut saya metode ceramah atau pengajaran lewat pendengaran itu merupakan salah satu metode yang paling aktif . di karenakan metode ini metode yang paling lama ada di muka bumi ini bahkan malaikat jibril dengan Nabi Muhammad SAW. penyampean wahyunya juga denga metode pendengaran ..sehingga metode ini banyak di tiru oleh para Ilmuan Islam dan ternyata eh ternyata......! hasilnya lebih memuaskan di bading kebanyakan metode yang ada sekarang......! Contohnya : Dulu pembelajaran yang metodenya tidak macam-macam sperti sekarang peserta didik menjadi sopan, santun dll.....! sedangkan sekarang Walaupun banyak metode tapi hasilnya hee...hee. gimana ya pak..? bapak pun ngertos kiambak...jadi mana pak metode yang lebih Efektif.........? Kutunggu.............hemmmmmmmm !

    BalasHapus
  10. siti nur fatmah
    makasih pak artikelnya, bisa jadi tambahan bahan belajar buat saya.artikelnya menarik sekaleee..... besok-besok idenya di tuangin lagi ya pak.hehehehehe....

    BalasHapus
  11. terimakasih pak atas materi2nya,yang sangat bermanfaat untuk sya....

    BalasHapus
  12. Ratna @ Selamat anda telah mengkombinasikan multi sumber belajar, harus kita ingat bahwa Wahyu yang disampaikan kepada Rosulullah SAW sangat erat hubungannya dengan 20 sifat Allah SWT dan Muzizat yang diberikan kepada Nabi dst. ( Mohon diperdalam di Mata Kuliah Pendidikan Agama ) Kembali ke Media Pembelajaran : Ceramah berupa penyampaian pesan, dan pesan merupakan bagian dari sumber belajar di samping sumber-sumber yang lain. Terkait dengan Motto di atas : sebagai gambaran : Anda diceramahi oleh Mama cara membuat Wingko Babat beserta bahan-bahannya.Apakah anda yakin langsung bisa membuat Wingko Babat sesuai ceramah Mama.
    Anda akan lebih profesional membuat wingko jika setidaknya pernah melihat saat ibu membuat dan juga pernah mencoba untuk membuat sendiri. Tentang mana yang efektif : Jawabannya jelas GUNAKAN MULTI METODE bukan berarti ceramah harus dihilangkan. Mksh za… semakin tidak puas …bwt aq semakin bangga ma anda ! Lbh bangga lagi klw da bingksn wingko yg jtuh ke UNIROW..he..he..he !
    .!

    BalasHapus
  13. siti nur fatmah
    mkc pak refrensinya.siiip.. jangan bosan2 menulis artikel yang lebih bagus. owh ya pak mw nanya, bagaimana ce caranya jadi guru yang di kangeni murid2nya?

    BalasHapus
  14. Siti Nur Fatimah @ OK...dengan segala keterbatasan SIAP MELAKSANAKAN TUGAS , Laporan selesai ! Mksh commentx sukses untuk anda !

    BalasHapus
  15. Siti Nur Fatimah @ Keinginan yang hebat ! Salah satu trik agar dikangeni siswa al. Berpenampilan wajar,menarik,murah senyum ( asal tidak senyum sendiri ! )dan anggaplah semua siswa adalah sosok yang haus kasih sayang, curahkan kasih sayangmu bagaikan putra anda sendiri maka siswapun akan kangen berat ma anda dan akan terbangun kedekatan yang mendalam antara murid dan Guru. Oh bu guru ...jangan tinggalkan daku ! He..he..he..

    BalasHapus
  16. Ria Fitriana @ Yoi..mksh blk. Tetapi harus diingat bahwa blog ini bukan SATU_SATUNYA sumber belajar... selamat untuk melanglang buana guna berinteraksi dengan sumber belajar yang lain. Met berjuang za n sks tuk anda !

    BalasHapus
  17. WINGKONe masih di mbabat pak ............. oya pak kaLAU BOLEH usul alangkah lebih baik semua dosen dalam memberi materi kuliah lewat online agar lebih konstektual dalam pembelajaran karena anak2 biasanya malu bertanya ketika bertatap muka sukron katsir ala jami"i matu"to pakkkk.....!

    BalasHapus
  18. makasih pak balesannya oya pk saya boleh kan tanya yg lebih serius dgn bpk tapi lewat email bkn lewat blog ini ^^

    BalasHapus
  19. ssiiipppp,,,,saya setuju sekalii dengan artikel di atas dan sangat membantu sekali dalam proses pembelajaran :)

    BalasHapus
  20. Anonim @ OK...mksh tp jngn lupa masih bnyk sumber dan media bljr yg lain...tetap semangat !

    BalasHapus
  21. Eka Meigawati @ za blh aja dunk...tuh qn juga termasuk perluasan MEDIA SILATUROHIM...he...he...he...!

    BalasHapus
  22. Ratna @ Multimedia atau media yang bervariasi diantaranya juga dapat menghindari kejenuhan ! Ntr klw semua mata kuliah pkek blog jngn2 mahasiswanya ogah tatap muka, cukup duduk di dpn comptr ...UNIROW tuh slalu merindukanmu...pokoknya tanpa kamu kagak rame..he..he..he !

    BalasHapus
  23. iya pak soalnya saya punya banyk pertanyaan mau tnya dosen dosennya pada sibuk semua oya bpk tau alamat emailnya bpk kasurip kalau tau saya juga mau minta dong pak soalnya buat sharing2 pak, masak saya hanya tau alamatny bpk tolong ya pak kalau mengetahui saya dikonfirmasi ^^ ato mailnya dosen biar bs tny kemana2

    BalasHapus
  24. oya pak saya mau tanya yang dimaksud dengan rubrik penilaian n pedoman penilaian dalam membuat assesmen itu seperti membuat LKS n soal evaluasi yang ada dalam RPP itu pak sya tunggu pk jwbnny ^,^

    BalasHapus
  25. Eka @ Q salut ma semangatmu Eka... pokokx kejar terus segala mistery yang ada di dunia pendidikan!
    Termasuk tentang Evaluasi ( Penilaian ) tapi ingat : KATA NENEK SAYA sesama bus kota kagak boleh rebutan penumpang. Sabar n tunggu za sampai Mata Kuliah tentang Evaluasi Belajar datang dan menantang anda...mg. puas n tetap semangat. OK !

    BalasHapus
  26. Eka @ Terciptanya hubungan yang harmonis antara sumber/media informasi dengan penerima informasi termasuk kunci suksesnya pembelajaran. Gmn dunk klw nx langsung pada beliaux...kan lebih pooeeeaaasss gitu loh !

    BalasHapus
  27. injeh pak matur suwun injeh tadi saya sdh tany beliauny sendiri saya dsarankan tany pk kabri ato bpk sja soalnya beliau sangat sibuk jd sya gk enk kalau nganggu tapi kalau sya tnya pk tris gk gk bosen to pk sya tnyain mulu he........

    .^,^. (jgn lupa smilenya)

    BalasHapus
  28. Eka @ Kata simbah saya : " Silaturohim itu indah tapi menjadi lebih indah lagi jika qt bisa memperoleh sesuatu yang bermanfaat " Pkkx tidak ada kamus BOSAN...yuk belajar bersama-sama n TETAP SEMANGAT ! Oce !

    BalasHapus
  29. Erik dian@mksih pak ats pembelajrannya dan memberikan wawasan yg lebih..oya pak bgimana cara menggunakan pembelajaran APM(Alat Peraga Murah)agar anak lebih menarik/mendukung dalam pembelajaran.. lbih fokus atau tidak menggunakan APM,,aku tunggu jawabannya yaaaaaaaaaaaaaa?

    BalasHapus
  30. Erik @ Alat peraga termasuk Media Belajar yang digunakan guru untuk memperagakan fakta, konsep, prinsip atau prosedur tertentu agar tampak lebih nyata/ konkrit. Focus dan tidaknya tergantung sejauh mana Guru mampu memberikan motivasi agar siswa terangsang untuk berinteraksi langsung dengan sumber dan media belajar. Alat peraga mahal belum merupakan jaminan. Za klw da yg murah pain cari yg mahal ? He..he..he..Pemborosan tauukkk..!

    BalasHapus
  31. erik@maunya ceh gitu pak alias ngirit uang biar kaya..................hahahahahaha....makasih ya pak jwbannya...dh puas aku..matur nuwun enggeh!

    BalasHapus
  32. pak kok gak masuk kemaren katanya gakda kamu gak rame hem... pak cepetan pak ... artikel yang baru segera di luncurkan ana udah rindu artikelnya pak......

    BalasHapus
  33. Ratna @ Mapin za..gmn lg namax udhur q sndiri semalaman jg g bs tidur koq..tahu kenapa eee g tahux kehbsan obat nyamk he.he.he. Artikel berikutx segera terbit..mksh TETAP SEMANGAT !

    BalasHapus
  34. Erik @ Matur nuwun juga Erik...sebaekx jngn cpt puas dulu, abis di belakang masih buanyaaakkk tantangan... tp gpp kata sponsor : YANG PENTING HAPPY !

    BalasHapus
  35. media pembelajaran okeeeee

    BalasHapus
  36. mantappp surantapppp hehehehheheehehehe

    ,,,,,lebih baik koment terlambat bin nyusul dari pada tidak sama sekalii,,,,

    BalasHapus
  37. Anonim @ Iki dialek ngendi maneh...! OK mksh tidak ada kamus terlambat n salam surantap z ! He..he..he..!

    BalasHapus